Cara Ganti Template Blog

Apa Itu Template Blog ?

Template blog adalah suatu file script yang memuat rangkaian struktur kode HTML / JavaScript dan juga kode CSS yang disusun / ditulis dengan aturan tersendiri dalam pembentukan sebuah tampilan blog. File ini berbentuk script yang berformat .xml. Saat ini sudah banyak sekali para desainer template yang menulis kode script untuk merancang banyak template dengan tujuan agar tampilan blog menjadi lebih dinamis, seo friendly, responsive, fast loading, dan simple. Meskipun ada beberapa template yang dirancang khusus untuk dijual, namun tidak jarang pula yang membagikannya secara gratis kepada blogger lain.


Jika dibanding dengan template default bawaan blogger, template yang dibagikan secara gratis oleh para mastah template ini lebih banyak variasi. Dari segi struktur dan tampilan, template gratis ini lebih cantik, dinamis, simple, sederhana dan enak dipandang. Lebih lanjut lagi, desain template para mastah sudah bisa menggenerate struktur kode yang sudah memenuhi syarat seo on page yang baik dan lebih mudah dimodifikasi tanpa harus mengubah struktur kode keseluruhan. Terkadang ada juga mastah yang memberikan sedikit penjelasan tentang tata cara bagaimana mengedit atau mengubah beberapa struktur kode agar sesuai dengan keiinginan blogger lain yang menggunakan template hasil rancangannya.

Baca: Cara Cek SEO Template Blog Responsive

Bagaimana Cara Mengganti Template Blog ?

Sebenarnya sangat mudah sekali menggantikan template blog, namun istilah mudah ini hanya untuk para blogger yang sudah berpengalaman dalam dunia blogging, tidak bagi para pemula seperti kita. Jika ingin menggatikan dengan template default bawaan blogger, kita bisa mengubahnya dimenu template pada dashbord blogger. Template bawaan blogger tidak menarik dan kurang enak dipandang. Kita perlu menggantikan dengan template gratis yang dibagikan oleh para desainer handal. Untuk bisa mengubah tampilan blog, kita harus terlebih dulu mendownloadnya pada penyedia template gratis.

Baca: Download Template Blog Responsive - Google SEO

Ok, saya menganggap anda sudah mendownload. Biasanya file berupa dalam bentuk rar ataupun zip, yang harus di-extract dulu menjadi xml. Klik kanan lalu klik extract here dan simpan file nya.

Langkah - langkah mengganti template blog

1. Anda masuk ke dashbord blogger pada akun anda, lalu klik menu template

Cara Ganti Template Blog

Klik untuk memperbesar
2. Kemudian pilih "cadangkan / pulihkan" seperti yang ditunjukkan pada gambar

3. Klik "browse / telusuri" dan pilih file template yang telah anda download dan extract tadi

4. Selanjutnya anda "unggah / upload" seperti yang ditunjukkan pada gambar, dan tunggu prosesnya sebentar.

Cara Ganti Template Blog

5. Setelah proses upload-nya selasai, lihat perubahan pada template anda. Kemudian klik "save template".

Sampai pada tahap diatas berarti anda telah selasai mengubah tampilan blog anda. Untuk melihat hasilnya, silahkan anda klik pada lihat blog. Demikian tutorial cara ganti template blog, jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai artikel ini, anda bisa tinggalkan pesan pada kolom komentar.
Load disqus comments

0 komentar