Cara Membuka Situs Yang di Blokir

Bagi yang gemar berselancar di internet untuk mencari informasi adalah hal yang paling menyenangkan, apalagi yang berhubungan dengan download. Berbagai artikel dan hal menarik lainnya dapat dengan mudah kita akses hingga membuat kita lupa waktu. Namun adakalanya hal yang menyenangkan tersebut bisa berubah menjadi sangat menjengkelkan tatkala ada situs yang ingin kita akses tidak bisa dibuka / diblokir oleh provider ternama di Indonesia.

Mengapa situs tersebut diblokir ?

Yang menjadi pertanyaannya adalah mengapa situs tersebut diblokir ?

Hal ini mungkin diakibatkan karena situs yang ingin anda kunjungi mengandung unsur pornografi / konten dewasa, gambling, scam / pishing dan lainnya yang termasuk ilegal di Indonesia.

Namun yang membuat kita merasa sangat jengkel lagi adalah situs-situs yang tidak termasuk dalam kategori ilegal itupun juga diblokir. Hal ini dikarenakan institusi negara melakukan filterisasi yang berlebihan.

Bagaimana membuka situs yang diblokir ?

Sebernanya membuka situs yang diblokir itu sangatlah mudah sekali. Saya menulis artikel ini berdasarkan pengalaman saya bagaimana membuka situs yang telah diblokir oleh pihak provider. 

Berikut ini adalah cara-cara yang sudah pernah saya lakukan sendiri dan bisa anda praktekkan kembali untuk mengatasi masalah anda saat ini.

Cara membuka situs yang diblokir

Cara pertama :
Salah satu cara untuk membuka situs yang diblokir yaitu dengan cara menginstall pengaya (Add-Ons) anonymox pada Mozilla Firefox. Klik disini untuk menginstall pengaya anonymox. Setelah melakukan penginstallan, lalu restart Mozilla Firefox.

Cara kedua : 
Anda bisa mengunjungi situs Free Proxy List untuk membuka situs yang diblokir. Hal  yang harus anda lakukan pada saat telah membuka halamannya yaitu dengan memilih salah satu negara yang ada, lalu centang none saja, anonymous dan high anonymous jangan dicentang. Kemudian klik search. Lihat contoh gambar dibawah !

Free Proxy List
Klik gambar agar lebih jelas
Dari gambar diatas saya memilih negara Italy. Lalu pilih dan copy salah satu IP Address dan Port yang respose dan transfernya lebih tinggi (warna hijau). Kemudian buka pengaturan / option browser Mozilla Firefox anda

Mozilla

Klik option, kemudian akan muncul tampilan berikutnya seperti gambar berikut ini

Mozilla
Klik gambar untuk melihat lebih jelas
Klik pada advance, lalu pilih network, kemudian klik setting dan anda muncul tampilan pilihan konfigurasi proxy seperti gambar dibawah ini

Mozilla
Klik gambar untuk melihat lebih jelas
Pilih manual proxy configuration, lalu tulis / paste IP Address dan Port yang telah anda copy pada halaman Free Proxy List tadi, kemudian klik OK.

Sekarang coba anda buka situs yang diblokir yang ingin anda kunjungi. Jika loading halaman situs yang anda buka lambat, cari IP address dari negara lain yang response dan transfernya lebih tinggi.
Gunakan IP Address dari negara yang banyak melegalkan hal-hal seperti semacam yang dilarang di Indonesia, contohnya Amerika, Rusia, Columbia, Brazil, Canada, Argentina, Portugal, Netherland, Rumania. 
Load disqus comments

0 komentar