Cara Mendaftarkan Website ke Yandex Webmaster

Yandex merupakan search engine kompatitor Google di Rusia. seperti dominasi Baidu di China. Google sendiri kewalahan dengan kuatnya penguasaan pasar mesin pencari Yandex di Rusia. Sekarang secara perlahan Yandex mulai bersaing dengan Google Search di pasar internasional dengan mulai merilisnya ynadex versi bahasa inggris.

Walaupun Yandex belum begitu populer di Indonesia, tapi tidak ada salahnya jika kita mendaftarkan situs kita ke Webmasternya. Ini bertujuan untuk mempercepat Yandex mengindeks seluruh halaman web kita. Bagaimana cara bergabungnya? Kunjungi halaman Yandex Webmaster dan klik Start Work. anda akan dialihkan ke halaman pendaftaran akun Yandex dan akan sekaligus mendapatkan sebuah alamat email dengan format nama_anda@yandex.com.


Setelah mendaftar akun Yandex, kunjungi My Site di Yandex Webmater. Klik tombol Add Site untuk memulai proses mendaftarkan nama alamat website anda.


Tuliskan alamat website anda pada kotak isian kemudian klik add. Selanjutnya pada tahap verifikasi kepemilikan website, Anda harus membuktikan bahwa situs tersebut milik anda melalui beberapa metode seperti: File HTML, Meta Tag, File Text, Whois, dan DNS. Silahkan pilih yang termudah menurut anda, saya menyarankan menggunakan metode Meta Tag. 

Yandex Webmaster

Setelah anda memilih metode verifikasi, anda diharuskan meng-copy kode Meta Tag yang ada dalam kotak, kemudian anda paste-kan kode Meta Tag tersebut pada template blog anda, paste-kan dibawah kode <head>. Silahkan anda cari kode <head> dengan cara klik CTRL F, tuliskan <head> dan tekan ENTER. Jangan lupa disimpan setelah anda paste-kan kode tsb...!!!

Selanjutnya kembali pada halaman Yandex webmaster, silahkan klik Chek untuk menjalankan proses verifikasi. Tunggu sesaat untuk mengetahui hasilnya. Bila berhasil anda akan langsung dialihkan ke halaman informasi website yang baru saja anda verifikasi sebelumnya.

Apa yang sebaiknya dilakukan selanjutnya?

Submit file sitemap website anda supaya seluruh struktur website dan isinya dapat diketahui oleh Yandex. 
Yandex Webmaster

Submit file sitemap anda. Contoh http://ombaron.com/sitemap.xml | Kemudian check/add sitemap

Sekarang anda hanya perlu menunggu dan berharap supaya Yandex mengindex seluruh halaman situs anda, walaupun mungkin traffic pengunjungnya tidak sebanyak dari Google namun setiap pengunjung sama berharganya bukan...???

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda, terima kasih telah mengunjungi ombaron
Load disqus comments

0 komentar