Tips Cara Membuat Tombol Follow Google Plus di Blog

Google Plus merupakan sosial media milik google yang mempunyai pengguna aktif hampir sama dengan sosmed lainnya seperti facebook ataupun twitter. Google plus banyak dimanfaatkan oleh para admin webmaster untuk meningkatkan traffic blog. Para blogger yang menghubungkan blog-nya dengan google plus dapat secara otomatis membagikan artikel yang sudah dipublikasi muncul di beranda google plus.

Biasanya seorang blogger memasang widget google plus follower pada sidebar blog atau dibawah postingan. Pengunjung yang telah mengikuti google plus admin blog bisa langsung membaca setiap artikel yang dipublikasi oleh admin melalui jejaring sosial google plus. Peran widget tombol follow ini termasuk dalam kategori untuk memajukan situs / blog yang dimiliki seseorang. 

Mengapa widget follow google `plus bisa sepenting itu ?

Alasannya klasik, karena semakin banyak pengikut google+ yang dimiliki sebuah blog, maka dapat dijadikan patokan suksesnya blog / situs tersebut. Karena alasan demikian maka saya menyarankan kepada pembaca yang memiliki blog supaya memasang widget tombol follow google plus pada blog sendiri.

Apakah akan berpengaruh untuk loading blog ?

Widget yang akan ombaron bagikan ini sangat ringan karena diambil langsung dari google developers -nya. Tampilannya kelihatan sangat minimalis, seperti yang anda lihat pada sidebar situs ini, tanpa bingkai dan foto.

Bagi anda yang anda yang ingin memasang widget tombol follow google+ silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Login akun google anda

2. Buka profil google+ anda, lalu copy url-nya. Contoh url profil google+ :

3. Selanjutnya kunjungi halaman google developers

google+

Keterangan :

1. Paste url profil google+ anda yang telah di copy tadi ke kolom pengguna google+, seperti yang terlihat pada gambar. Atur ukuran tombol, anotasi dan bahasa menurut selera anda

2. Copy kode script yang disediakan. Lihat gambar !

Langkah berikutnya :

1. Buka dashboard blog anda, pilih tata letak

google plus



2. Klik tambahkan gadget, lalu pilih HTML / JavaScript

3. Paste kode script yang anda copy tadi pada kolom HTML / JavaScript

4. Klik save / simpan

5. Selesai dan lihat hasilnya.

Bagi anda yang masih bingung dengan langkah-langkah diatas ataupun malas untuk mengikuti langkah-langkahnya silahkan copy dan paste kode script dibawah ini kedalam kolom HTML / JavaScript.

<!-- Tempatkan tag ini di mana pun Anda ingin widget ditampilkan. -->

<div class="g-follow" data-annotation="bubble" data-height="24" data-href="//plus.google.com/u/0/115486339358907995276" data-rel="author"></div>

Ganti url yang berwarna biru pada kode script diatas dengan url profil google+ anda, kemudian klik simpan dan selesai.

Saya berharap anda tidak menemukan kesulitan pada tutorial diatas. Jika anda bingung ataupun masih tidak mengerti, anda bisa tulis komentar anda. Demikianlah cara membuat tombol follow google plus di blog.

Terima kasih.
Load disqus comments

0 komentar