Cara Mengatasi Laptop / Komputer yang sering Mati Sendiri

Laptop mati dengan sendirinya tanpa peringatan apapun. Pernahkah anda mengalami hal yang demikian ? Tentunya hal ini menjadi masalah besar bagi pengguna laptop ataupun komputer. Laptop mati pada waktu yang tidak kita inginkan, seperti pada saat membuat tugas kuliah ataupun saat asyik bermain game. Biasanya masalah ini terjadi ketika laptop yang kita gunakan overheat atau terlalu panas sehingga membuatnya mati sendiri. Tentunya masalah yang seperti ini perlu penanganan secepatnya, jika tidak maka bisa menyebabkan mati total.

Penyebab Laptop Overheat

Biasanya overheat pada laptop hingga mati dengan sendirinya ini disebabkan oleh beberapa hal, kemunghkinan diantaranya:

1. Kipas tidak bekerja / mati

Penyebab utama laptop overheat adalah karena kipas pendingin dari laptop tersebut tidak lagi bekerja atau mati. Anda bisa mengeceknya dengan meletakkan tangan pada saluran pembuangan angin yang berada dibagian samping laptop. Apabila tidak ada angin yang keluar, kemungkinan kipas sudah tidak bekerja lagi. Jika kipas dari laptop ini masih berfungsi / normal, biasanya terdengar bunyi suara dari putaran kipas.

Solusinya: segera ganti dengan kipas yang baru apabila kipas dari laptop anda tidak lagi brputar / mati. Fungsi dari kipas ini yaitu untuk membuang suhu panas pada laptop, sehingga laptop tidak terlalu panas pada saat kita gunakan.

2. Banyak debu pada kipas dan saluran pembuangan

Debu bisa membuat kipas tidak berputar dengan maksimal dan menghambat saluran pembuangan pada laptop. Hal ini bisa membuat suhu udara menjadi panas dan semakin lama akan semakin panas.

Solusinya: bersihkan debu mulai dari jalur udara sampai pada kipasnya, dan beberapa hardware lainnya seperti keyboard, RAM, dll. 

3. Pasta pada prosesor sudah mengering

Biasanya laptop yang sudah berumur, pasta yang terdapat pada prosesornya sudah mengering. Tentunya kita tidak bisa mengandalkan pasta untuk selama-lamanya, ada kalanya pasta tersebut harus diganti dengan yang baru.

Solusinya: periksa pasta pada prosesor apakah sudah mengering ? Jika sudah kering, bersihkan pasta yang sudah kering tersebut kemudian ganti dengan pasta yang baru, oleskan secara merata. Pasta ini berfungsi sebagai pendingin prosesor, jadi apabila sudah mengering ataupun mengeras, segera ganti dengan yang baru.

Demikian cara mengatasi laptop ataupun komputer yang sering mati dengan sendirinya yang disebabkan oleh suhu yang terlalu panas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.
Load disqus comments

0 komentar