Perbedaan White Hat dan Black Hat SEO

White Hat dan Black Hat SEO

Apa Itu White Hat dan Black Hat SEO ?

SEO merupakan sebuah teknik optimasi yang dilakukan untuk mengoptimalkan suatu situs / blog di penelusuran mesin pencari (search engine) sepeti google, bing dan yahoo.

Tujuan dari menerapkan teknik optimasi SEO ini adalah untuk mempermudah situs / blog berada pada halaman dan urutan pertama mesin pencari.

Pengertian White Hat SEO

White Hat SEO adalah teknik optimasi SEO yang diterapkan sesuai dengan aturan, ketentuan dan kebijakan suatu mesin pencari (search engine), baik itu google, bing maupun yahoo.

Pengertian Black Hat SEO

Black Hat SEO adalah teknik optimasi SEO yang diterapkan dengan cara curang atau berlebihan sehingga hal ini termasuk kedalam teknik optimasi yang ilegal serta melanggar dengan aturan, ketentuan dan kebijakan suatu mesin pencari.
Black Hat SEO

Salah satu fakta apabila menerapkan teknik optimasi black hat SEO pada situs ataupun blog yaitu akan lebih mudah tampil pada halaman pertama mesin pencari, namun dampak dan efeknya akan sangat buruk sekali terhadap situs / blog tersebut.

Beberapa blogger berpengalaman yang menerapkan teknik black hat ini sudah pernah merasakan dampak dan efek buruk black hat SEO. Akibatnya adalah situs mereka yang terdeteksi melakukan teknik black hat akan dimasukkan kedalam Google Sandbox.

Google Sandbox merupakan sebuah istilah penjara google, atau biasa disebut kotak pasir. Situs ataupun blog yang masuk dalam kotak pasir secara perlahan akan menghilang dihasil pencarian mesin pencari.

Jadi kesimpulan yang dapat dipahami yakni situs / blog yang menerapkan teknik optimasi white hat SEO lebih baik dimata mesin pencari, walaupun teknik ini terbilang lama untuk mencapai popularitasnya, namun dalam waktu tertentu situs / blog dengan teknik white hat akan tampil pada halaman pertama mesin pencari dalam jangka waktu yang sangat lama. 

Berbeda halnya dengan situs ataupun blog dengan teknik black hat. Popularitas yang didapat dari teknik ini hanya sementara dan dampak yang diterima sangat buruk. Apabila sampai masuk google sandbox, maka situs / blog tersebut tidak akan lagi tampil pada mesin pencari.
Load disqus comments

0 komentar