Perbedaan Link Dofollow dan Link Nofollow

Dofollow dan Nofollow

Apa Itu Link Dofollow dan Link Nofollow ?

1. Pengertian Link Dofollow

Link dofollow merupakan sebuah link yang akan dirayapi oleh google bot (crawl). Misalnya anda berkunjung ke sebuah blog dofollow kemudian berkomentar menggunakan nama / url ataupun meninggalkan link aktif blog anda dikolom komentar blog tersebut. Maka pada saat google bot merayapi blog tadi / index page, google bot juga akan merayapi kemana arah link yang anda tinggalkan pada kolom komentar, sehingga blog anda pun akan ikut diindeks googlebot. Hal ini dikarenakan blog tersebut bersifat dofollow.

2. Pengertian Link Nofollow

Link nofollow merupakan sebuah link yang tidak akan dirayapi oleh google bot (crawl). Nofollow kebalikan dari dofollow. Misalnya anda berkunjung ke sebuah blog nofollow kemudian berkomentar menggunakan nama / url ataupun meninggalkan link aktif blog anda dikolom komentar blog tersebut. Maka pada saat google bot merayapi blog tadi / index page, google bot akan melewati link yang anda tinggalkan pada kolom komentar. Hal ini karena blog tersebut bersifat nofollow.

3. Perbedaan Link Dofollow dan Link Nofollow

Perbedaannya terletak pada nilai yang diberikan link tersebut, apakah link itu bersifat dofollow ataupun nofollow. Ketika google bot merayapi blog, maka setiap link akan terlebih dulu dianalisa. Jika bersifat dofollow maka google bot akan menghitungnya sebagai point untuk halaman yang akan dirujuknya, kemudian akan diakumulasi dengan backlink-backlink yang lain yang sudah diperoleh oleh halaman rujuknya tersebut serta memperhitungkan berapa banyak backlink yang merujuk pada halaman tersebut dan berasal dari situs seperti apa backlink tersebut.

Tapi apabila bersifat nofollow, maka link tersebut tidak akan dihitung sebagai poin. Link nofollow tidak mempunyai nilai dimata mesin pencari google, bahkan tidak akan berpengaruh terhadap pagerank, namun link ini tetap masih berguna untuk membantu meningkatkan traffic blog / website.

Jadi kesimpulannya, link dofollow adalah link yang mempunyai nilai dimata google, dapat meningkatkan pagerank blog sehingga dapat membantu memperoleh posisi terbaik di SERP. Sedangkan link nofollow adalah link yang memiliki kontribusi untuk meningkatkan traffic halaman blog.
Load disqus comments

0 komentar