Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Untuk membuat sebuah blog tidaklah sulit, apalagi menggunakan blogger. Hanya dengan beberapa langkah saja, blog anda siap dan langsung bisa posting artikel. 

Bagi anda yang ingin membuat blog, silahkan ikuti langkah-langkah cara buat blog gratis berikut ini:

1. Buat Email Gmail

Anda diwajibkan terlebih dulu membuat akun Gmail. Mengapa demikian ? Karena syarat untuk mendaftar / login di blogger.com diharuskan mempunyai satu akun email Gmail (bukan email yahoo atau lainnya). Akun Gmail ini tidak hanya anda gunakan pada saat mendaftar blog saja, tapi juga untuk keperluan lainnya. Bagi yang belum punya akun Gmail, silahkan daftar disini.

2. Masuk Ke Blogger

Bagi anda yang sudah punya akun Gmail langsung saja masuk ke akun resmi blogger dengan menggunakan akun Gmail anda. Tuliskan email dan pasword yang telah anda buat pada kolom isian.
Buat blog gratis

3. Buat Blog Anda

Setelah anda login pada blogger.com, anda akan diarahkan ke tampilan halaman seperti berikut ini.

Cara buat blog gratis


Kemudian pilih "buat profil blogger terbatas" sebelah kanan pada tampilan halaman browser dekstop anda

buat blog gratis


Isikan "nama tampilan" untuk profil blogger, nama terserah anda. Lalu klik "lanjutkan ke blogger" yang berwarna orange dan akan muncul tampilan seperti berikut ini

buat blog

Klik pada "Blog baru". Kemudian akan muncul tampilan berikut ini

blogger

Judul
Isi judul blog yang akan anda buat. Tulis judul blog sesuai dengan temanya agar mudah diindeks oleh google. Judul blog akan muncul diatas pada halaman blog anda. 

Alamat
Tuliskan alamat blog yang anda, misalkan ceritacinta.blogspot.com atau lainnya. Sebaiknya tuliskan alamat blog yang mudah diingat oleh banyak orang dan jangan terlalu panjang / terlalu banyak suku kata. Anda tidak bisa mengisi alamat blog yang telah digunakan oleh orang lain. Jika telah digunakan maka akan terlihat tanda seru berwarna kuning, jika belum akan terlihat tanda centang berwarna biru seperti pada gambar diatas.

Template
Anda bisa memilih salah satu dari beberapa tampilan yang disediakan untuk tampilan blog anda nantinya. Pilih saja salah satu agar bisa melanjutkan pada tahap akhir pembuatan blog ini. Tampilan blog anda bisa dirubah kapan saja anda inginkan. Anda bisa menggantinya dengan template lain yang dibagikan secara gratis oleh para mastah2 desainer template, tentunya lebih bagus dari template default yang disediakan pihak blogger.


Selanjutnya klik buat blog dan blog sederhana anda pun sudah jadi. Anda sudah bisa menulis berbagai macam artikel diblog anda. 
Load disqus comments

0 komentar