Mengenal Apa Itu Blog dan Manfaatnya

Mengenal Blog

Apa itu Blog ?

Blog berasal dari kata "web log", jika diartikan kedalam bahasa indonesia berarti "catatan  web". Blog merupakan salah satu aplikasi web yang terdiri halaman-halaman yang memuat berbagai tulisan dalam bentuk teks, seperti curhatan, pengalaman, cerita, ilmu pengetahuan, ataupun pendapat pribadi yang bisa disisipi gambar dan lainnya yang ditampilkan dengan aplikasi web berupa sistem manajemen konten dari setiap topik yang ditulis untuk disajikan dalam bentuk informasi agar dapat dibaca oleh orang lain diseluruh penjuru dunia. 

Apa Kegunaan dan Manfaat Blog ?

Sampai saat ini sangat banyak sekali kegunaan dan manfaat dari sebuah blog. Blog dapat digunakan sebagai tempat untuk mengekpresikan diri, tempat promosi, dan lain sebagainya. Selain sebagai tempat untuk menulis dan berbagi berbagai hal berupa catatan dari seorang penulis blog (blogger), kini blog juga dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan.

Berikut ini ada beberapa manfaat sebuah blog. Beberapa manfaat ini merupakan pengalaman yang sudah pernah dialami oleh para blogger sukses selama nge-blog.

1. Berbagi catatan, baik dalam bentuk cerita, pengalaman dan pengetahuan. Sehingga orang lain yang membutuhkan, lalu menemukan tulisan anda, merasakan kemanfaatan blog anda.

2. Sarana untuk berkreasi, misalnya anda suka menulis, edit foto, Fotografer, dll. Anda bisa share dan tunjukkan kepada dunia hasil karya Anda.

3. Belajar untuk menjadi lebih baik. Biasanya sesama blogger akan saling berkomentar satu sama lain, sehingga kita bisa mengetahui kekurangan-kekurangan dalam konten yang kita share.

4. Menjadi media curhat. Di blog Anda bisa menulis apa saja yang ingin anda ceritakan. Tentunya sangat lebih bijak jika itu dapat memberikan dampak positif terhadap pembaca. Sehingga pemikiran-pemikiran anda dapat anda curahkan dengan plong.

5. Sarana untuk mempromosikan produk barang atau jasa. Dengan kata lain, blog bisa Anda manfaatkan sebagai toko online.

6. Dapat menghasilkan uang. Penghasilan tersebut bisa anda jadikan sebagai penghasilan sampingan ataupun penghasilan tetap, asalkan Anda benar-benar serius dalam mengembangkannya. Misalnya mengikuti PPC, bisnis Afiliate, dan lain sebagainya.

7. Menjadi media untuk mempopulerkan sesuatu atau diri sendiri. Banyak orang sukses, berawal dari iseng-iseng nge-blog.

8. Mencari teman. Dalam dunia blogger, kita tidak bisa hidup sendiri, tanpa blogger lainnya, sebagai blogger tentunya membutuhkan blogger lain untuk saling sharing, bertukar link, dll.

Bagaimana Membuat Sebuah Blog ?

Mungkin dari sekian banyak pengguna internet ada yang ingin punya sebuah blog, tapi ada beberapa orang yang masih kebingungan bagaimana cara membuatnya. Dalam hal ini, terdapat berbagai cara untuk membuat sebuah blog, namun cara tersebut diklarifikasikan pada tingkat pengguna blog itu sendiri, apakah blog tersebut digunakan hanya untuk menulis saja, tempat berbagi, ataupun untuk dijadikan tempat bisnis, dan lain sebagainya.

Bagi anda yang ingin punya sebuah blog dan ingin tahu cara bagaimana membuatnya, saya akan mengajari anda beberapa langkah untuk membuat sebuah blog.

Load disqus comments

1 komentar: