Pengaruh Backlink dan Efek Terhadap Blog / Website

Pengaruh backlink

Backlink

Search Engine Optimization atau biasa disebut SEO selalu berhubungan dengan backlink. Saya mencoba mendefenisikan istilah backlink, menurut pemahaman saya; pada dasarnya backlink atau linkback adalah tautan atau link dari satu website menuju ke website lainnya.

Pengaruh Backlink

Lalu apa keuntungan membangun backlink ? 

Tujuannya adalah agar suatu website lebih populer dimata search engine seperti google atau (mozilla, yahoo, dll). Website atau blog yang memiliki banyak backlink berkualitas biasanya akan mendapat perhatian khusus dari mesin pencari, dan mesin pencari akan menempatkan website/ blog tsb di halaman utama hasil pencarian untuk kata kunci tertentu.

Jika sebuah website / blog ingin mendapatkan banyak pengunjung, maka website tsb harus menempati posisi teratas / halaman pertama di hasil pencarian. Karena rata - rata setiap pengunjung akan mengunjungi postingan / artikel  yang berada pada posisi teratas ataupun artikel berada pada halaman pertama hasil pencarian. Apabila sebuah blog yang sudah punya banyak pengunjung, maka blog tsb bisa mendapatkan rangking yang baik. Untuk itulah blog harus punya backlink.

Efek Backlink Terhadap Blog / Website

Baclink merupakan salah satu faktor utama dalam SEO. Namun kita tidak boleh asal-asalan dalam membangun atau membuat backlink. Karena tidak semua backlink bisa memberikan efek positif bagi website kita. Saat ini google dan search engine yang lain menjadi sangat ketat dalam menyeleksi backlink.

Backlink yang didapatkan secara sembarangan tidak akan memberikan efek positif, bahkan dalam jangka panjang dapat membahayakan web.

Maka dari itu berhati-hatilah dalam menggunakan backlink. Jangan menggunakan backlink sembarangan jika tidak ingin traffic web menjadi seperti gambar dibawah ini:

Pengaruh backlink

Tentunya akan ada pertanyaan mengapa traffic pengunjungnya bisa menurun drastis ?

Penyebabnya adalah backlink

Google memberi pinalti kepada website ini, oleh karena itu pengunjungnya menurun drastis. 

Backlink tidak hanya berdampak positif, tetapi juga negatif. Untuk menjaga traffic web tetap stabil dan semakin bertambah, cobalah membangun backlink yang berkualitas dan lebih aman. Jangan pernah sekali-kali membangun atupun membuat backlick dengan cara yang salah / dilarang.

Sayangnya, teknik - teknik link building yang pernah anda lihat di forum, sosial media, maupun artikel blog lama kebanyakan berdampak buruk sekali.

Mengapa begitu ?

Karena dulu google tidak begitu selektif dalam menilai suatu backlick. Sebelum tahun 2012 teknik link building dengan cara seperti itu masih bisa digunakan.

Sekarang tidak lagi demikian.

Google sekarang sangat pintar dalam menilai backlink. Intinya, jika kita menggunakan teknik yang sudah dilarang maka resiko yang yang didapat adalah terkena pinalti oleh google.

Karena artikel - artikel dari era tahun 2012 kebelakang masih tetap ada di internet, maka kita akan sering menemukan dan membaca teknik seperti itu diajarkan dimana-mana, bahkan dikursus berbayar.

Tentunya banyak pemula yang terjebak. Maka untuk itu berhati-hatilah ! Wassalam
Load disqus comments

0 komentar