Cara Menyembunyikan Folder di Komputer

Folder

Apa Itu Folder

Folder merupakan tempat untuk menyimpan / menampung file (gambar, video, lagu, tulisan, software, etc), baik itu file sistem maupun file data ataupun dokumen. Folder bisa kita buat pada dekstop komputer maupun pada drive komputer sesuai dengan kebutuhan kita.

Dari semua folder yang kita buat di komputer, mungkin ada salah satu folder yang bersifat pribadi / rahasia yang tidak ingin kita tampilkan di komputer kita. Lalu apa jadinya jika komputer anda dipinjam kemudian folder tersebut dilihat oleh orang lain, baik teman, saudara ataupun orang tua ? Apa yang harus kita lakukan untuk mencegah orang lain agar tidak melihat folder pribadi kita ?

Hidden Folder di Komputer

Untuk mencegah orang lain melihat folder pribadi yaitu dengan menyembunyikan (hidden) folder tersebut. Folder yang kita sembunyikan tidak akan terlihat lagi oleh orang lain, bahkan kita sendiri juga tidak bisa melihatnya. Tapi jangan panik, folder tersebut masih tetap utuh, tidak terhapus dan masih ada pada posisinya. Kuncinya adalah anda harus tahu (ingat) posisi tempat folder itu berada, jangan sampai lupa.

Lalu bagaimana cara menyembunyikan folder di komputer ?

Caranya mudah sekali, tidak menggunakan software untuk menyembunyikannya. Cara ini lebih mudah dari pada cara mengunci folder dengan password yang pernah saya posting sebelumnya.
Jika anda punya sebuah folder yang berisi file-file rahasia dan ingin menyembunyikannya di komputer anda, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pilih folder yang ingin anda hidden (sembunyi)
2. Klik kanan pada folder lalu klik Properties >> muncul tab general

Klik kanan properties

3. Pada tab general, centang kolom Hidden >> klik Apply >> klik OK

Tab general folder



Folder tidak akan terlihat lagi setelah anda mempraktikkan langkah ini. Kini folder pribadi anda telah aman dari mata-mata yang tidak diinginkan :D

Lalu bagaimana cara menampilkan Folder Hidden ?

Kalau anda ingin menampilkan kembali folder yang telah anda hidden sebelumnya, silahkan ikuti langkah dibawah ini.

1. Buka Windows explorer atau klik Start >> Klik Computer | Cara lebih cepat lagi, klik tombol Windows dan E secara bersamaan.

Start - computer

2. Klik Organize >> klik Folder and search options 

Organize - Folder and search options

3. Klik tab View >> pilih Show hidden file, folders, and drivers-ON

Folder option - view

4. Klik Apply >> klik OK. Selesai dan folder hidden muncul kembali.

Semua file yang tersembunyi akan terlihat transparan, kadang akan muncul juga sistem windows yang mungkin asing bagi anda.

Selain privasi anda aman, anda juga tidak akan khawatir lagi apabila teman ataupun saudara meminjam komputer anda. Sekian tips & trik dari saya, semoga bermanfaat bagi anda.
Load disqus comments

0 komentar