SEO Yang Harus Diperhatikan Oleh Para Blogger

SEO Blog
Bagi para blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging pasti sudah menyaksikan bahwa SEO sebagai bagian dari penyaringan trafik masal, yang selalu mengalami perubahan, baik itu dari segi kebijakan search engine yang terwujud dalam algoritma-algoritma barunya, hingga penyesuaian, perubahan teknik dan strategi SEO.

SEO akan semakin berkembang serta mengalami banyak perubahan, semakin rinci dan semakin rumit. Tentunya hal ini harus diketahui oleh para blogger pendatang baru.

Baca: Pengertian SEO Menurut Para Ahli

Semakin lama, teknik optimasi yang telah usang tidak lagi bisa dipraktikkan karena telah lenyap oleh algoritma terbaru. Dulu kita bisa melakukan ritual tradisi spam komentar untuk mendapatkan backlink dari situs lain, namun sekarang cara itu tidak bisa lagi kita gunakan karena google penguin melarangnya. Sehingga semua harus disesuaikan sedemikian rupa dengan perkembangan zaman.

Baca: Cara Otomatis Menghapus Komentar Spam

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh para blogger ditahun 2015 ini, yaitu:

Ramah Ponsel (Mobile Friendly)

Konsep mobile friendly pada situs sekarang ini menjadi hal yang mutlak untuk SEO. Anda bisa menggunakan template responsive yang bisa menyesuaikan / mengikuti tampilan dekstop browser anda, baik itu dekstop pc, tablet dan ponsel.

Baca: Template Blog Responsive - Google SEO

Kecepatan Loading

Salah satu faktor yang sudah digaungkan google pada tahun lalu adalah kecepatan loading pada saat mengakses situs blog. Sekarang ini google juga memperhatikan aspek kecepatan akses dari suatu situs blog. Gunakan template yang fast loading, simple dan sederhana, serta hindari memasang widget-widget blog yang tidak begitu penting karena biasanya script widget tersebut bisa memperlambat loading tampilan blog kita.

Baca: Template Blog Simple, Responsive dan Fast Loading

Kaya Konten dan Berkualitas

Situs / blog yang kaya konten adalah kunci kesuksesan dari SEO. Maksud dari "kaya konten" disini yaitu blog yang mempunyai banyak artikel asli hasil tulisan sendiri (bukan hasil copy paste) dan setiap artikel yang dipublikasi tidak kurang dari 500 kata. Usahakan untuk menambahkan beberapa gambar, minimal satu gambar pada setiap artikel, karena artikel yang hanya dipenuhi tulisan saja akan membuat orang bosan membacanya.

Buatlah artikel yang bermanfaat bagi orang banyak atau yang banyak dicari dimesin pencari. Hindari membuat artikel yang mudah kadaluwarsa, misalkan artikel prediksi skor bola, zodiak. Artikel seperti demikian ditentukan oleh waktu sehingga akan usang apabila telah melewati batas waktu tertentu. Contoh artikel yang tidak kadaluwarsa yaitu seperti artikel yang membahas tentang tips, resep kue dan lain semisalnya.

Profil Backlink

Backlink sangat penting bagi suatu blog karena semakin banyaknya backlink maka kemungkinan peluang untuk muncul pada halaman utama mesin pencari akan semakin besar. Namun sekarang ini backlink tidak boleh dibangun secara sembarangan, tidak seperti dulu backlink bisa didapat dengan sangat mudah, hanya dengan meninggalkan link aktif blog kita pada blog lain maka link tersebut akan menjadi backlink bagi blog kita. Cara yang demikian tidak lagi berlau untuk saat ini, jadi buang jauh-jauh cara tersebut.
Profil backlink merupakan gambaran kualiatas yang dimiliki oleh suatu blog, berdasarkan asal suatu backlick, kualitas, jumlah, variasi kata kunci, penyebaran ke situs lain, dan persentase dofollow / nofollow.
Intinya, bangun backlink dari situs / blog yang punya pagerank tinggi. Jangan pernah gunakan backlink dari situs yang mempunyai citra yang buruk, seperti situs judi, pornografi dan lain sejenisnya.
Load disqus comments

0 komentar