Pentingkah Moderasi Komentar Blog ?

Moderasi Komentar Blog
Seperti yang kita ketahui, kotak komentar adalah salah satu elemen penting didalam sebuah blog. Walaupun terkadang beberapa orang lebih suka menghilangkan fitur umum yang satu ini, akan tetapi keberadaannya akan mampu mendatangkan manfaat apabila kita mampu mengelolanya dengan baik.

Komentar adalah sesuatu yang sangat mudah untuk kita temukan saat ini, baik dalam pergaulan, sosial media, bahkan di blog sekalipun. Isi serta makna dari komentar itu sendiri ada yang baik ada juga yang buruk, ada yang penting ada juga yang tidak penting, ada yang memuji dan ada pula yang merendahkan.

Manfaat dan Keuntungan Form Komentar Pada Blog

Form komentar bisa menjadi penghubung antara pembaca dan penulis blog. Komunikasi yang terjalin antara pembaca dan penulis blog membuat keduanya akan lebih akrab. Sudut pandang yang berbeda dari pembaca bisa jadi masukan bagi sipenulis mengenai artikel yang ditulisnya.

Manfaat dan keuntungan lain memiliki form komentar yaitu dapat membuat blog kita lebih hidup dan ramai. Terkadang sebuah komentar dari seorang pembaca dapat mempengaruhi pembaca yang lain. Mengapa begitu ? alasannya pembaca kedua akan lebih yakin saat pembaca pertama sukses ataupun berhasil dalam menerapkan sesuai dengan apa yang ada dalam tulisan blog, misalnya pada blog tutorial.

Disitulah letak pengaruh sebuah komentar. Komentar tidak hanya membawa dampak yang baik bagi sebuah blog, bahkan bisa juga membawa dampak yang sangat buruk hingga mempengaruhi para pembaca yang lain. Komentar yang buruk tidak hanya datang dari pembaca, namun bisa juga berasal dari diri penulis blog. Misalkan saat ada pertanyaan dari pembaca kadang kala penulis merespon dengan tidak baik karena beberapa alasan tertentu. Mungkin sah-sah saja apabila penulis tidak merespon pertanyaan dari pembaca apabila pertanyaan tersebut tidak menyangkut dengan isi artikel yang ditulis.

Lain halnya dengan komentar negatif dari pembaca, yang terkadang sangat menggangu bagi pembaca yang lain, seperti komentar spam, kata-kata rasis ataupun kata-kata yang tidak pantas untuk ditampilkan di blog.

Lalu bagaimanakah cara kita sebagai penulis blog menanggapi komentar seperti itu ? Adakah cara terbaik untuk menyaring komentar tersebut agar tidak langsung ditampilkan pada artikel blog kita ?

Moderasi Komentar Untuk Kelayakan Publikasi

Beberapa blogger yang pernah saya kunjungi blognya, mereka lebih memilih untuk tidak melakukan moderasi komentar pada blog mereka, mengapa begitu ? alasanya klasik, blogger tersebut ingin para komentator di blog merasa senang saat komentar mereka langsung ditampilkan saat itu juga.

Namun saat ini ada banyak sekali para spammer yang sengaja meninggalkan link aktif pada form komentar untuk tujuan SEO. Hal inilah yang harus diwaspadai oleh para blogger untuk menghindari para spammer yang mengganggu kenyamanan dari para pembaca lain yang ingin menyalurkan apa yang mereka pikirkan dari tulisan yang kita publikasikan.

Baca: Perbedaan White Hat dan Black Hat SEO

Untuk menghindari para spammer kita perlu melakukan moderasi komentar yang ada pada blog kita. Beberapa blog memiliki fitur yang bisa memoderasi komentar. Dengan fitur tersebut kita bisa melakukan moderasi komentar yang masuk, kita bisa menentukan mana komentar yang berhubungan dengan isi tulisan serta komentar yang layak untuk ditampilkan.

Fitur moderasi ini dimiliki oleh layanan blog seperti Blogger dan Wordpress. Para pengguna wordpress diberikan sebuah fitur plugin bernama akismet yang dapat menyaring komentar-komentar yang dianggap spam.

Apakah kita perlu melakukan moderasi komentar ?

Saya pribadi tidak melakukan moderasi, alasanya karena blog ombaron ini telah saya pasang sebuah kode yang bisa membuat pekerjaan para spammer sia-sia, karena link hidup yang ditinggalkan oleh mereka pada form komentar tidak akan muncul. Link hidup yang tinggalkan oleh spammer ini akan terhapus dengan sendirinya secara otomatis.

Baca: Cara Otomatis Menghapus Komentar Spam Blog

Terlepas dari penting atau tidaknya moderasi komentar, sebaiknya kita harus tetap memberi ruang kepada para pembaca untuk menyalurkan pikiran mereka saat setelah membaca isi tulisan blog. Kita harus memberi kebebasan kepada para pembaca agar mereka bisa memberikan kritik, saran, ide serta pertnyaan yang berhubungan dengan tulisan yang kita publikasikan.
Load disqus comments

0 komentar