Tips SEO On Page Artikel Blog Untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung

SEO On Page
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, dalam bahasa indonesia optimasi mesin pencari. Mesin pencari yang dimaksud adalah situs-situs yang digunakan oleh para pengguna (user) untuk mencari informasi, tips, berita dan sebagainya, seperti google, yahoo, bingyandex dan baidu.

SEO adalah teknik optimasi yang dilakukan dengan tujuan agar situs / blog kita menempati peringkat pertama dihalaman mesin pencari (SERP).

Apa Itu SEO On Page ?

Secara singkat SEO On Page adalah teknik optimasi blog dari dalam yang bertujuan meningkatkan jumlah pengunjung blog serta meningkatkan nilai dari konten blog dimata mesin pencari.

Lalu seperti apa SEO On Page itu dan bagaimana cara menerapkannya ?

Tips & Trik SEO On Page

1. Artikel Original
Buatlah artikel dari karya sendiri dan bukan hasil copy paste. Jika anda ingin melakukan copy paste, usahakan untuk mengubah 50% isi dari artikel aslinya, dan cantumkan sumbernya diakhir artikel.

2. Tag Title (Tag Judul)
Buatlah judul artikel yang mengandung kata kunci (keyword) yang dibidik. Misalkan anda menulis artikel tentang "tata cara membuat ramuan obat tradisional", maka kata "ramuan obat" harus masuk dalam judul tulisan.

3. Meta Tag Description ( Meta Deskripsi)
Diharapkan anda mengisi meta deskripsi pada setiap artikel yang anda tulis. Tujuan dari meta deskripsi ini yaitu untuk menampilkan isi singkat dari artikel yang dirayapi google bot dan akan tampil dihalaman utama pada saat pengguna mengetik kata kunci. Deskripsi singkat ini juga mencegah duplikat konten.

4. Keyword Density
Apabila anda menulis artikel tentang ramuan obat, maka usahakan kata-kata tersebut jangan diulang dalam isi tulisan minimal 2-3% dari jumlah kata. Jika lebih / banyak diulang maka google akan menganggap SPAM.

5. Image SEO
Banyak dari blogger melupakan optimasi pada gambar artikel blog mereka. Google sangat menyukai gambar yang mempunyai nama file yang jelas, judul dan alternatif teks. Selain itu, buat ukuran gambar sekecil mungkin.

Optimasi SEO Image

6. Internal Link
Buatlah navigasi pada sidebar blog anda, dan buat tautan yang mengarah ke artikel lain yang setema. Contoh navigasi sidebar sebagai internal link pada blog anda seperti popular post, recent post, random post dan juga latest post.

7. Template Fast Loading
Untuk membuat loading blog menjadi ringan, hapus widget-widget yang tidak begitu penting dan gunakan template blog yang ringan dan responsive. Google sangat menyukai blog dengan template yang fast loading dan responsive di setiap device.

Itulah tips dan trik SEO On Page pada artikel blog yang bertujuan untuk meningkatkan trafik pengunjung melalui mesin pencari.
Load disqus comments

0 komentar